PPS. RIYADLATUT THULLAB PPS. RIYADLATUT THULLAB Navirawan Oke....^^PPS. RIYADLATUT THULLAB
widgets

Hubungan yang terjalin karena ikatan persamaan kepercayaan atau persamaan aqidah dan pendirian adalah lebih erat dan lebih berkesan daripada hubungan yang terjalin karena ikatan darah atau kelahiran

Wednesday 7 July 2010

PPS. RIYADLATUT THULLAB



PROFIL PPS. RIYADLATUT THULLAB
Riyadlatut Thullab adalah sebuah pondok pesantren salafi yang lokasinya ada di sebuah desa yang bernama pasinan kecamatan lekok kabupaten pasuruan. Semula bangunan pondok berupa surau sederhana / cangkruk yang di dirikan oleh Kiyai Syahidin, kemudian pada tahun 1930 diteruskan oleh menantu Kiyai Syahidin (KH. Abd. Mannan). Setelah Putra Beliau yang kedua yang bernama Abdullah Chunain pulang dari menimba ilmu di lasem, maka pondok diteruskan dan di asuh oleh Beliau. Pada hari ahad tanggal 2 Dzulhijjah 1377 H / 19 Juni 1958 M pondok mulai dibina dan diasuh oleh KH. Abdullah Chunain yang selanjutnya disebut yayasan Pondok Pesantren Salafi Riyadlatut Thullab, dengan akte notaris : Goesti Djohan No. 99 / 25 Maret 1982.
Pada masa Kiyai Syahidin dan KH. Abd. Mannan pendidikan pondok pesantren membina santri mukim(menginap) dan tidak mukim (malam hari bermalam di pondok dan siang hari pulang kerumahnya). Pengajian yang di selenggarakan meliputi pengajian al qur'an dan pengajian kitab fiqh yang hanya terbatas pada kitab safinatus sholah, safinatun najah dan sullamut taufiq dengan sistem pengajian sorogan dan bendungan( santri yang membaca dan Kiyai yang menyemak bacaan).
Pada masa KH. Abdullah Chunain pondok pesantren tetap melanjutkan sistem pengajian sorogan dan bendungan dengan menambah materi mata pelajaran agama islam sesuai dengan perkembangan, oleh karena itu untuk menunjang atau membantu sistem pendidikan tersebut maka diadakan pendidikan dan pengajaran dengan sistem classical / madrasah dengan diberi nama Madrasah Al Fatah untuk Putra dan madrasah Al Asas untuk Putri.
Setelah wafatnya KH. Abdullah Chunain pondok pesantren salafi Riyadlatut Thullab diasuh dan dilanjutkan oleh Putra dan Putri Beliau ( Gus H. Achmad Asnawi Chunain, Ning Nadhifah Chunain, Gus H. Muhammad Zabidi Chunain, Gus Umar Hamdan Chunain, Ning Roihana Chunain) dan dibantu oleh meanantu beliau yang bernama Gus H. Mosleh Ma'ruf.

No comments:

Post a Comment

papan tamu