GIP pada tubuh GIP pada tubuh Navirawan Oke....^^GIP pada tubuh
widgets

Hubungan yang terjalin karena ikatan persamaan kepercayaan atau persamaan aqidah dan pendirian adalah lebih erat dan lebih berkesan daripada hubungan yang terjalin karena ikatan darah atau kelahiran

Wednesday, 21 July 2010

GIP pada tubuh

1. LATAR BELAKANG
Seorang mengalami patah tulang lengan dan pundak, oleh dokter di gip melalui pundak sampai telapak tangan dalam keadaan dibius total. Untuk melakukan wudlu sangat kesulitan tanpa bantuan orang lain.
Pertanyaan
a. Bagaimana menentukan gip yang mengkait daerah ( anggota ) yang tidak sakit itu dihukumi seadanya ( لا بد منه ). Apakah ada batasan syara’ dalam hal tersebut ?
b. Apakah wajib mengulangi sholat setelah sembuh ?
c. Jika orang sakit tidak dapat bersuci dan atau sholat tanpa bantuan orang lain, bolehakah meninggalkan sholat sama sekali dengan niat kelak jika sembuh akan diqodlo’ sendiri atau ahli waris jika mati ?
Rumusan Jawaban
a. Ada batasan menurut syara’, namun para musyawirin belum sepakat apakah yang menentukan diri sendiri atau harus orang yang ahli ( dokter )
b. Wajib bila pemasangan gip dilakukan ketika hadats. Apabila pemasangan dilakukan ketika suci ada sebagian ulama’ yang tidak mewajibkan mengulangi sholat.
Referensi :
1. Hasiah Al Bajuri Juz I hal 97
2. Al Majmu’ Juz II hal 329 - 330
1. الباجورى الجزء الأول ص: 97
وإن وضعها على حدث أو كانت فى أعضاء التيمم مطلقا فقوله أعاد اى فى صورة وضعها على حدث مع أخذها من الصحيح شيئا وفى صورة كونها فى أعضاء التيمم سواء وضعها على طهر او على حدث اخذت من الصحيح شيئا ولو بقدر الإستمساك أو لم تأخذ.
2. المجموع الجزء الثانى ص: 229-230
قال القاضى أبو طيب وأصحاب الشامل والتتمة والبحر والرافعى هذا الخلاف إذا كانت الجبيرة او اللصوق على غير محل التيمم فإن كانت عليه وقلنا لا يجب التيمم فكذلك وإن قلنا يجب وجبت الإعادة قولا وأخذ النقصان البدل والمبدل

c. Tidak boleh menurut madzhab selain Imam Hanafi dan boleh menurut mazdhab Hanafi jika sampai batas tidak mampu melakukan sholat dengan isyarat.
Referensi :
1. Hasiah Al Bajuri Juz I 146
2. Buhyatul Mustarsyidin hal 78
3. Bujairomi ‘Alal Manhaj Juz II hal 10

1. الباجورى الجزء الأول ص: 146
ولا تسقط الصلاة ما دام عقله ثابتا لوجود مناط التكليف.
2. بغية المسترشدين ص: 78
وحاصل ما ذكره الشيخ محمد بن خاتم فى رسالته فى صلاة االمريض أن مذهب أبى حنيفة أن المريض إذا عجز عن الإيماء برأسه جاز له ترك الصلاة فإن شفى بعد مضى يوم فلا قضاء عليه وإن عجز عن الشروط بنفسه وقد عليها بغيره فظاهر المذهب وهو قول الصحابيين لزوم ذلك إلا إن لحقته مشقة بفعل الغير أو كانت النجاسة تخرج منه دائما وقال أبو حنيفة لا يقترض عليه مطلقا لأن المكلف عنده لا بعد قادرا بقدرة غيره.
3. بجيرمى على الخطيب الجزء الثانى ص:10
ولا تسقط عنه الصلاة قال الأئمة الثلاثة ان فرض الصلاة لا يسقط عن المكلف ما دام عقله ثابتا ولو بإجراء الصلاة على قلبه وقال الإمام أبو حنيفة ان من عاين الموت وعجز عن الإيماء برأسه سقط عنه الفرض وعليه عمل الناس سلفا وخلفا فلم يبلغنا أن أحدا منهم أمر المحتضر بالصلاة.

No comments:

Post a Comment

papan tamu